Desain grafis Edit video Edit audio Software desain grafis Perangkat lunak edit video Perangkat lunak edit audio Hardware desain grafis Hardware edit video Hardware edit audio Teknologi AI dalam desain grafis Teknologi AI dalam edit video Teknologi AI dalam edit audio Perangkat lunak desain grafis terbaik Perangkat lunak edit video terbaik Perangkat lunak edit audio terbaik Perbandingan perangkat lunak desain grafis Perbandingan perangkat lunak edit video Perbandingan perangkat lunak edit audio

Sabtu, 08 September 2012

no image

LOMBA DESAIN PRANGKO NASIONAL 2012


1 AGUSTUS S.D. 30 SEPTEMBER 2012
Tema Memperingati 50 Tahun Pembebasan IrianBarat
Sub tema : 1. Kembalinya Sang Merah Putihdi IrianBarat Sebagai Bukti
Kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan RepublikIndonesia)
2. Pesona Alam dan Budaya Papua
Diselenggarakan dalam rangka menggali potensidan meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses desain prangko sebagai upaya menjadikan kegiatan filateli sebagai pembelajaran
SEJARAH SINGKAT PEMBEBASAN IRIAN BARAT
1 Mei 1963 merupakan hari bersejarah bagi Indonesia. Pada tanggal tersebut Pemerintahan UNTEA berakhir dan secara resmi Irian Barat kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk mengembalikan Irian Barat kepada Republik Indonesia berbagai usaha perjuangan bersenjata, politik dan diplomasi dilakukan. Pada tanggal 19 Desember 1961, Presiden Soekarno mencanangkan perintah Tri Komando Rakyat (Trikora) di Alun-alun Utara Yogyakarta. Trikora berisi perintah Gagalkan pembentukan negara Papua Buatan Belanda, Kibarkan Merah Putih di Irian Barat Tanah Air Indonesia, dan Bersiapkan untuk Mobilisasi Umum guna Mempertahankan Kemerdekaan dan Kesatuan Tanah Air dan Bangsa . Soekarno juga membentuk Komando Operasi Mandala untuk menindaklanjuti Trikora.
Mayor Jenderal Soeharto diangkat sebagai panglima. Tugas Komando ini adalah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia. Usaha ini berhasil menekan Belanda untuk berunding di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Pada 31 Desember 1961 PBB kemudian membentuk United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA) sebagai pemerintahan transisi di Irian Barat. Pada saat itulah Bendera Sang Saka Merah Putih berkibar di bumi Irian Barat berdampingan dengan Bendera PBB. Pada tanggal 1 Mei 1963 pemerintahan UNTEA berakhir dan secara resmi Irian Barat kembali ke Pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan bendera PBB diturunkan.
BATAS AKHIR PENGIRIMAN (CAP POS)
30 SEPTEMBER 2012
WAKTU PENILAIAN OLEH DEWAN JURI
10 S.D. 11 OKTOBER 2012
PENGUMUMAN NOMINASI, PEMENANG DAN SANGGAHAN
14 S.D 21 OKTOBER 2012
PENGUMUMAN PEMENANG
1 NOPEMBER 2012
PEMBERIAN PENGHARGAAN
10 NOPEMBER 2012
PENGUMUMAN LOMBA DAPAT DILIHAT MELALUI WEBSITE :
  1. KEMENTERIAN KOMINFO www.kominfo.go.id
  2. DITJEN PPI : www.postel.go.id
  3. PT. POS INDONESIA : www.posindonesia.co.id
INFORMASI LEBIH LANJUT
PANITIA LOMBA DESAIN PRANGKO NASIONAL 2012
  1. Ibu Yulista (021-3835927)
  2. Ibu Wahyu Widiastuti (021-3835918)
Email : prangko@postel .go.id
1. KETENTUAN UMUM
  • Waktu lomba : 1 AGUSTUS S.D. 30 SEPTEMBER 2012
  • Lomba dibagi dalam 3 kelompok usia (terhitung mulai tanggal 30 SEPTEMBER 2012) :
  1. Kelompok A : Usia lebih dari 20 tahun;
  2. Kelompok B : Usia lebih dari 13 s/d 20 tahun;
  3. Kelompok C : Usia sampai dengan 13 tahun.
  • Peserta adalah perorangan dan dapat mengirimkan desain sebanyak-banyaknya 3 (tigabuah.
2. KRITERIA GAMBAR DESAIN
  1. Gambar desain merupakan karya asli pesertabukan merupakan rekayasa/adaptasi atau tiruan karya lain, dan belum pernah diikutsertakan lomba atau dipublikasikan sebelumnya.
  2. Objek gambar desain harus sesuai dengan tema dan sub temaberupa lukisanbukan fotografi danbukan hasil rekayasa komputer
  3. Karya desain merupakan karya asli buatan tangan, bukan hasil print out komputer.
  4. Posisi gambar desain mendatar (horizontal) atau berdiri (vertikalberbentuk empat persegi panjang dan area gambar berukuran A4 (21 cm x 29,7 cm)
  5. Pada gambar desain tidak perlu dicantumkan tulisan atau angka (seperti INDONESIA, atau angkanominal prangko)
3. PENGIRIMAN
a. Identitas peserta ditulis pada kertas tersendiri dan dilekatkan pada bagian belakang desain lomba yangterdiri dari data sebagai berikut:
  1. Kelompok usia yang diikuti
  2. Nama lengkap
  3. Umur dan tanggal lahir
  4. Pekerjaan
  5. Alamat lengkapkode pos dan nomor telepon
  6. Uraian keterangan desain
  • Pernyataan tertulis bahwa karyanya asli (sebagaimana dimaksud pada butir 2.a.)
  • Pernyataan tertulis tersebut butir a. untuk Kelompok Usia C dapat dibuat oleh orang tua/wali, guru/pembimbing
8. Foto copy identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Cap Sekolah/Kartu Keluarga)
  • Dalam pengiriman desain diapit karton tebal sebagai pengamanan agar gambar tidak terlipat/rusak dandimasukkan ke dalam sampul (amploptertutup.
  • Desain dapat dikirimkan secara berkelompok atau sendiri-sendiri melalui pos atau diantar langsungpaling lambat tanggal 30 September 2012 (Cap Pos) kepada:
Panitia Lomba Desain Prangko Nasional 2012
d/a Sub Direktorat Prangko dan Filateli
Direktorat Pos
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika
Gedung Sapta Pesona Lantai 6
Jl. Medan Merdeka Barat No. 17, Jakarta 10110
4. PENILAIAN
  1. Desain yang memenuhi kriteria akan dinilai oleh dewan juri Lomba Desain Prangko Nasional.
  2. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.
5. PEMENANG
a. Pemenang lomba akan diberitahukan melalui surat dan diumumkan melalui website Kementerian Komunikasi dan Informatika: www.kominfo. go.id , Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika:www.postel.go.iddan PT. Pos Indonesia www.posindonesia.co.id mulai tanggal 1 NOPEMBER 2012
b. Pemenang bertanggung jawab penuh atas keaslian gambar desain yang terpilih menjadi juara.
c. Pemenang akan diberikan sertifikat dan penghargaan sebagai kompensasi penyerahan hak cipta gambardesain dari pemenang lomba selaku pencipta kepada Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos danInformatika selaku pemegang hak cipta sebesar :
Juara Kelompok A Rp. 12.000.000,00
Juara Kelompok B Rp. 10.000.000,00
Juara Kelompok C Rp. 9.000.000,00
d. Pajak ditanggung pemenang
6. LAIN-LAIN
  1. Gambar desain yang diikutkan lomba menjadi milik Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos danInformatika.
  2. Hak cipta atas gambar desain ada pada Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika.
  3. Gambar desain yang terpilih akan dipertimbangkan untuk dijadikan prangko dan dapat didesain ulang sesuai etika prangko.
  4. Sumber referensi: Museum Satria Mandala, Monumen Trikora, Arsip Nasional Republik Indonesia, internet, dan lain-lain

Jumat, 07 September 2012

no image
no image

Website & Internet


Dasar perancangan website yang dibangun adalah dengan menggunakan sintak HTML, DataBase, dan Design. Bila sebuah website tidak memiliki salah satu unsur di atas maka tentu saja website tersebut tidak akan menarik dan kurang lengkap, unsur di atas merupakan unsur-unsur penting di dalam proses pembuatan dari sebuah website dan tentu saja aplikasi yang digunakanpun beragam. Seperti aplikasi HTML yang sering digunakan para perancang adalah Notepad, aplikasi DataBase yang sering digunakan para perancang adalah Visual Basic dan MySql, sedangkan untuk aplikasi perancangan Design yang sering digunakan para perancang adalah Adobe Photoshop, Adobe Audition, Camtasia, 3D, dan sebagainya.

1.    HTML (Hipertetx Markup Language)
HTML merupakan struktur sintak-sintak program dalam pembentukan dan perancangan sebuah web. Di dalam HTML tersebut perancangan sabuah web dilakukan dengan cara bertahap dan continue atau secara step by step, dari mulai membuat dan menyeting layout, memberi layout tampilan warna, menyisipkan text dan gambar, membuat link ke halaman lain, dan masih banyak lainnya karena HTML merupakan kosep dasar dan yang paling dasar dari pembuatan sebuah web.
  
2.    Database (Basis Data)
Basis Data (Database) dapat dibayangkan sebagai sebuah lemari arsip. Jika kita memiliki sebuah lemari arsip dan berwenang/bertugas untuk mengelolanya, maka kemungkinan besar kita akan melakukan hal-hal seperti : memberi sampul/map pada kumpulan/bundle arsip yang akan disimpan, menentukan kelompok/jenis arsip, memberi penomoran dengan pola tertentu yang nilainya unik pada setiap sampul/map, lalu menempatkan arsip-arsip tersebut dengan cara/urutan tertentu di dalam lemari. Kalaupun hal-hal tersebut tidak seluruhnya dilakukan, paling tidak, semua lemari arsip menerapkan suatu aturan/cara tertentu tentang bagaimana keseluruhan arsip-arsip itu tadi di tempatkan/disusun. Yang paling sederhana, tentu, menyusun/menempatkan arsip-arsip tadi sesuai kedatangannya (kronologisnya) dan tanpa pengelompokan. Hampir tidak akan pernah kita jumpai adanya lemari arsip yang tidak memiliki aturan/cara dalam penyusunan/penempatan arsip-arsip di dalamnya.

3.    Web
Pada tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggungjawab atas sebagian besar lalu lintas internet. Web telah menjadi sedemikian terkenalnya sehingga kadang dicampuradukkan dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian "di Web" dan "di Internet" sebenarnya tidaklah sama.
Web adalah sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet. Web dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuan semula dari lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.
Web dengan cepat berkembang ke luar lingkup masyarakat fisika energi tinggi. Pada tahun 1993, terdapat 130 server web di internet. Setahun kemudian jumlahnya meningkat menjadi 2.738, dan pada bulan Juni 1995 terdapat 23.500 server web.
Sekarang ini web telah memiliki pemirsa dalam jumlah yang sangat besar di luar lingkup akademis : kurang lebih 30% dari server web yang tengah beroperasi saat ini berada di komputer dalam domain komersial, dan di sebagian industri, di mana keberadaaan perusahaan web sama pentingnya dengan memiliki telepon atau fax bagi tujuan komunikasi bisnis. Web sekarang telah menjadi media yang sangat penting bagi periklanan dan alamat web sekarang sudah umum dijumpai pada majalah, surat kabar, dan iklan televisi
4.    Internet
Internet atau juga dapat disebut Inter Connection adalah sebuah hubungan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lain diseluruh dunia dengan menggunakan Network-Nerwork yang tersebar luas, dan menjangkau tempat-tempat terpencil dan sulit dijangkau sekalipun.
Permasalahan terbesar dari masyrakat yang menghadapi teknologi informasi ini adalah pada saat ketika pertama kali menggunakan sistem Internet. Mereka mencoba untuk menggapai seluruh yang tersedia. Terkadang pengguna musiman akan terkejut ketika mendapatkan suatu bentuk layanan baru dari jaringan. Internet bagaikan suatu rimba belantara informasi, sehingga harus dikenal jenis-jenis service yang tersedia agar dapat dimanfaatkan dengan efisien dan efektif.
Sistem pelayanan informasi pada jaringan Internet, sebagian besar bekerja dengan konsep client-server. Jadi program client akan meminta server untuk melakukan suatu tugas , misal searching. Setelah server selesai, maka akan mengirimkan hasilnya ke client. Seluruh mekanisme bekerja dengan tata cara pengiriman message. Dengan cara ini maka dapat dilakukan pendisitribusian proses secara efisien ke beberapa mesin yang berbeda.

5.    Web Server
Web Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.
Keunggulan
1. Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.
2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang        bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
3. Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.
Kelemahan
1.   Biaya operasional relatif lebih mahal.
2. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
3. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.