Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 07 September 2012

Ekstensi Gambar Vektor


Vector vs (Bitmap) Raster

Dalam proses pembuatan gambar digital, kadang-kadang perlu dilakukan konversi dari raster ke vector ataupun sebaliknya. Misalnya ketika membuat sebuah logo dengan efek-efek khusus dan mencetak gambar di kertas.

Secara garis besar,gambar dibagi menjadi dua kategori.
1. Aplikasi vektor
Adobe Ilustrator, Corel Draw, Macromedia Freehand
2. Aplikasi Bitmap (raster)
Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Macromedia Firework

Vektor adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian-bagain lain yang saling berhubungan dalamsebuah gambar. Ukuran file relatif kecil dan jika diubah ukurannya (seperti gambar di bawah ini) kualitasnya tetap. Contoh file vektor  adalah .wmf, swf , cdr dan .ai. Dan sering dipakai dalam membuat logo, animasi, ilustrasi, kartun, clipart, dan sebagainya.

Bitmap adalah gambar bertipe raster. Mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu. Semakin rapat pixel, semakin baik kualitas gambar. Sebaliknya, jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah .Besar file yang dihasilkan cenderung besar. Contoh bitmap adalah .bmp, .jpg, .gif.

Dibawah ini merupakan macam-macam exstensi dari gambar vector :

SVG (Scalable Vektor Graphics)
Merupakan format gambar yang umum digunakan pada format gambar berbasis vektor.Keunggulan gambar berformat SVG adalah tampilannya yang tetap rapi meskipun diperbesar berkali-kali.Format gambar SVG mulai diterapkan pada browser web seperti Opera & Firefox.Gambar vektor diperkirakan akan menjadi format gambar yang paling banyak digunakan beberapa tahun yang akan datang.
SVG juga merupakan format file baru untuk menampilkan grafik dalam pengembangan web yang berbasis XML (eXtensible Mark up Language).Selain SVG ada juga MathML (Mathemathics Mark up Language) berbasis XML untuk menampilkan rumus-rumus matematika dan juga CML (Chemical Mark up Language) untuk kimia.SVG berfungsi untuk menampilkan grafik 2D dalam kode XML. Pada dasarnya SVG dapat digunakan untuk membuat tiga jenis obyek grafik yaitu: Path (terdiri dari garis lurus dan kurva),gambar,teks.SVG dapat mengkreasikan sebuah grafik yang terdiri dari banyak vektor yang berbeda-beda.Dan sebuah vektor sebenarnya adalah garis yang menghubungkan 2 garis lurus.
                                                                 
  GEM (Graphics Exchange Metafile)
Adalah format file grafik berbasis vektor yang digunakan oleh aplikasi berbasis GUI(Graphical User Interface) yang dikembangkan oleh Digital Research.
  CDR (Corel Draw)
Adalah format file untuk software grafis yaitu CorelDraw.Format ini bersifat vektor dan format default dari CorelDraw. Gambar yang berekstensi .cdr apabila diperbesar atau diperkecil melebihi resolusi tidak akan mengalami diskorsi atau pecah.

AI (Adobe Ilustrator)
Adalah format file grafik berbasis vektor yang dimiliki oleh software grafik adobe illustrator sebagai format default dari pabrikannya.Gambar yang berekstensi .ai apabila diperbesar atau diperkecil tidak akan mengalami diskorsi atau pecah.Ukuran file berformat ini biasanya besar karena belum mengalami kompresi.
CGM (Computer Graphics Metafile)
Adalah format file grafik vektor yang dikembangkan oleh beberapa organisasi standar yang didukung oleh banyak produk software PC.
HPGL (Hewlett Packard Graphics Language)
Merupakan salah satu format file tertua.Meskipun tidak cukup bagus,format ini didukung oleh banyak produk grafik berbasis PC.
PAT (Pattern File)
Adalah format file grafik berbasis vektor .File ini berukuran besar,karena belum mengalami kompresi .File ini biasanya digunakan untuk menyimpan file yang penting dan berkualitas.




DXF (Data eXchange File)
Adalah format file grafik vektor yang dikembangkan oleh Autodesk.Sebagian besar sistem CAD dapat menggunakan format ini

EPS(Encapsulated PostScipt)
Adalah suatu format berkas grafik yang dapat berisikan grafik vektor ,teks ataupun bitmap.Suatu berkas EPS pada intinya adalah suatu berkas PostScript yang memenuhi pembatasan tambahan.Batasan-batasan yang dimaksud bertujuan untuk membuat software menjadi lebih mudah untuk melakukan embedding berkas EPS dalam suatu dokumen PostScript lain.Sebagian PostScript EPS pun mendukung berbagai macam modus penawaran,misalnya RGB,Lab,CMYK,Duplex,warna berindeks dan skala abu-abu.Selain itu EPS juga menuruni kemampuan PostScript dalam menyajikan berbagai jenis font dan tulisan.
 Sebagai syarat minimum,suatu berkas EPS berisikan komentar PostScript yaitu Boundingbox sebagai tambahan dari header PostScript ,yang menjelaskan daerah persegi tempat grafik digambarkan .Program alikasi dapat memanfaatkan informasi ini untuk menata letaknya dalam suatu halaman dimana berkas EPS ini akan disisipkan,bahkan bila seandainya program yang bersangkutan tidak dapat melakukan proses render didalamnya secara langsung.
Berkas-berkas EPS ditandai dengan ekstensi berkas .eps atau .epsf ,dimana yang terakhir merupakan kependekan dari Encapsulated PostScript File yaitu isi dari berkas EPS ditulis dalam format teks polos sehingga merupakan suatu format yang nyaman untuk dihasilkan oleh suatu program aplikasi buatan sendiri.
Berkas EPS pada umumnya memiliki gambar pratayang dari isi yang dikandungnya,dengan tujuan untuk di tampilkan secara on-screen.Idenya adalah untuk memperbolehkan adanya suatu pratayang dari hasil pengeluaran akhir dalam setiap program aplikasi yang dapat menggambarkan suatu bitmap.Tanpa kemampuan pratayang ini para program aplikasi harus secara langsung malakukan proses render data PostScript  (PS) didalam berkas EPS ,yang umumnya jauh diluar kemampuan pada kebanyakan mesin-mesin sampai pada saat ini.Saat pertamakalinya EPS diimplementasikan,satu-satunya jenis mesin yang menggunakan secara luas PostScript adalah mesin-mesin Apple Macintosh.Mesin-mesin ini dulu tidak dapat langsung merender PostScript yang dimunculkan Adobe dengan permasalahan mengenai bagaimana menyediakan “image” pratayang saat mengikutsertakan versi actual PS untuk printer yang 
 bersangkutan.Dalam mesin Mac yang mengikutsertakan 2 buah berkas (dikenal sebagai garpu “fork”)yang secara logic direferensikan sebagai satu bagian.
Dengan menempatkan PostScript dalam “fork”dan suatu sumberdaya (resource) PICT Mac Standarddalam sumberdaya “fork”,kedua image dapat dipindahkan hamper secara bersamaan.Tanpa disadari seakan-akan keduanya adalah satu berkas.Umumnya suatu pratayang PICT mengandung suatu bitmap akan tetapi dapat juga berisikan suatu representasi vektor dari keseluruhan image yang menghasilkan pratayang yang berkualitas

PNG (Portable Network Graphics)
Adalah salah satu format penyimpanan citra yang mempergunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut (lossless compression).Format PNG diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan citra GIF.Secara umum PNG dipakai untuk citra web.
Untuk web dengan format PNG mempunyai 3 keunggulan disbanding format GIF yaitu:
1.      Channel Alpha (transparansi)
2.      Gamma (brightness)
3.      Progressive Display (penayangan citra secara progresif)
Selain itu citra dengan format PNG mempunyai factor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (5%-25% lebih baik banyak dibandingkan format GIF).
Satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada format PNG adalah dukungan terhadap penyimpanan multi-citra untuk keperluan animasi.Untuk keperluan pengolahan citra meskipun format PNG bias dijadikan alternative selama proses pengolahan citra.Karena format ini selain tidak menghilangkan bagian dari citra yang sedang diolah (sehingga penyimpanan berulang-ulang dari citra tidak akan menurunkan kualitas citra ) namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik.

WMF (Windows Metafile Format)
Adalah format file grafik berbasis vektor untuk pertukaran grafik antar aplikasi windows yang dapat juga mengandung citra bitmap.WMF juga mempunyai kelebihan untuk menyediakan pratayang dalam bentuk vektor,tetapi format ini jarang digunakan.
Software pengoalh gambar berbasis vector :

Corel Draw
Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 13 yang dinamai X3 dirilis pada Januari 2006. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.

Macromedia Freehand
Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.
Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.
Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.
Versi terbarunya, FreeHand 11, dipasarkan sebagai FreeHand MXa, yang menunjukkan integrasinya dengan garis produk Macromedia MX, yang juga meliputi Macromedia Flash, Macromedia Dreamweaver, dan Macromedia Fireworks, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak ada komentar: