Vector
vs (Bitmap) Raster
Dalam proses pembuatan gambar digital, kadang-kadang perlu dilakukan konversi dari raster ke vector ataupun sebaliknya. Misalnya ketika membuat sebuah logo dengan efek-efek khusus dan mencetak gambar di kertas.
Secara garis besar,gambar dibagi menjadi dua kategori.
1. Aplikasi vektor
Adobe Ilustrator, Corel Draw, Macromedia Freehand
2. Aplikasi Bitmap (raster)
Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Macromedia Firework
Vektor adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian-bagain lain yang saling berhubungan dalamsebuah gambar. Ukuran file relatif kecil dan jika diubah ukurannya (seperti gambar di bawah ini) kualitasnya tetap. Contoh file vektor adalah .wmf, swf , cdr dan .ai. Dan sering dipakai dalam membuat logo, animasi, ilustrasi, kartun, clipart, dan sebagainya.
Bitmap adalah gambar bertipe raster. Mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu. Semakin rapat pixel, semakin baik kualitas gambar. Sebaliknya, jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah .Besar file yang dihasilkan cenderung besar. Contoh bitmap adalah .bmp, .jpg, .gif.
Dibawah ini merupakan macam-macam exstensi
dari gambar vector :
SVG
(Scalable Vektor Graphics)
Merupakan format
gambar yang umum digunakan pada format gambar berbasis vektor.Keunggulan gambar
berformat SVG adalah tampilannya yang tetap rapi meskipun diperbesar
berkali-kali.Format gambar SVG mulai diterapkan pada browser web seperti Opera
& Firefox.Gambar vektor diperkirakan akan menjadi format gambar yang paling
banyak digunakan beberapa tahun yang akan datang.
SVG
juga merupakan format file baru untuk menampilkan grafik dalam pengembangan web
yang berbasis XML (eXtensible Mark up
Language).Selain SVG ada juga MathML
(Mathemathics Mark up Language) berbasis XML untuk menampilkan rumus-rumus
matematika dan juga CML (Chemical Mark
up Language) untuk kimia.SVG berfungsi untuk menampilkan grafik 2D dalam
kode XML. Pada dasarnya SVG dapat digunakan untuk membuat tiga jenis obyek
grafik yaitu: Path (terdiri
dari garis lurus dan kurva),gambar,teks.SVG
dapat mengkreasikan sebuah grafik yang terdiri dari banyak vektor yang
berbeda-beda.Dan sebuah vektor sebenarnya adalah garis yang menghubungkan 2
garis lurus.
GEM (Graphics Exchange Metafile)
Adalah format file grafik berbasis vektor yang digunakan
oleh aplikasi berbasis GUI(Graphical User Interface) yang dikembangkan oleh
Digital Research.
CDR
(Corel Draw)
Adalah format file untuk software
grafis yaitu CorelDraw.Format ini bersifat vektor dan format default dari
CorelDraw. Gambar yang berekstensi .cdr apabila diperbesar atau diperkecil melebihi
resolusi tidak akan mengalami diskorsi atau pecah.
AI (Adobe Ilustrator)
Adalah format file grafik berbasis
vektor yang dimiliki oleh software grafik adobe illustrator sebagai format
default dari pabrikannya.Gambar yang berekstensi .ai apabila diperbesar atau
diperkecil tidak akan mengalami diskorsi atau pecah.Ukuran file berformat ini
biasanya besar karena belum mengalami kompresi.
CGM (Computer Graphics Metafile)
Adalah format file grafik vektor yang
dikembangkan oleh beberapa organisasi standar yang didukung oleh banyak produk
software PC.
HPGL (Hewlett Packard Graphics Language)
Merupakan salah satu format file
tertua.Meskipun tidak cukup bagus,format ini didukung oleh banyak produk grafik
berbasis PC.
PAT (Pattern File)
Adalah format file grafik berbasis
vektor .File ini berukuran besar,karena belum mengalami kompresi .File ini
biasanya digunakan untuk menyimpan file yang penting dan berkualitas.
DXF (Data eXchange File)
Adalah format
file grafik vektor yang dikembangkan oleh Autodesk.Sebagian besar sistem CAD
dapat menggunakan format ini
EPS(Encapsulated
PostScipt)
Adalah suatu format berkas grafik yang dapat berisikan grafik vektor
,teks ataupun bitmap.Suatu berkas EPS pada intinya adalah suatu berkas
PostScript yang memenuhi pembatasan tambahan.Batasan-batasan yang dimaksud
bertujuan untuk membuat software menjadi lebih mudah untuk melakukan embedding berkas EPS dalam suatu dokumen
PostScript lain.Sebagian PostScript EPS pun mendukung berbagai macam modus
penawaran,misalnya RGB,Lab,CMYK,Duplex,warna berindeks dan skala abu-abu.Selain
itu EPS juga menuruni kemampuan PostScript dalam menyajikan berbagai jenis font
dan tulisan.
Sebagai syarat minimum,suatu berkas EPS berisikan komentar
PostScript yaitu Boundingbox sebagai
tambahan dari header PostScript ,yang menjelaskan daerah persegi tempat grafik
digambarkan .Program alikasi dapat memanfaatkan informasi ini untuk menata
letaknya dalam suatu halaman dimana berkas EPS ini akan disisipkan,bahkan bila
seandainya program yang bersangkutan tidak dapat melakukan proses render didalamnya secara langsung.
Berkas-berkas EPS
ditandai dengan ekstensi berkas .eps atau .epsf ,dimana yang terakhir merupakan kependekan dari Encapsulated
PostScript File yaitu isi dari berkas EPS ditulis dalam format teks
polos sehingga merupakan suatu format yang nyaman untuk dihasilkan oleh suatu
program aplikasi buatan sendiri.
Berkas EPS pada
umumnya memiliki gambar pratayang dari isi yang dikandungnya,dengan tujuan
untuk di tampilkan secara on-screen.Idenya adalah untuk memperbolehkan adanya
suatu pratayang dari hasil pengeluaran akhir dalam setiap program aplikasi yang
dapat menggambarkan suatu bitmap.Tanpa kemampuan pratayang ini para program
aplikasi harus secara langsung malakukan proses render data PostScript (PS) didalam berkas EPS ,yang umumnya jauh diluar
kemampuan pada kebanyakan mesin-mesin sampai pada saat ini.Saat pertamakalinya
EPS diimplementasikan,satu-satunya jenis mesin yang menggunakan secara luas
PostScript adalah mesin-mesin Apple Macintosh.Mesin-mesin ini dulu tidak dapat
langsung merender PostScript yang dimunculkan Adobe dengan permasalahan
mengenai bagaimana menyediakan “image” pratayang saat mengikutsertakan versi
actual PS untuk printer yang
bersangkutan.Dalam
mesin Mac yang mengikutsertakan 2 buah berkas (dikenal sebagai garpu
“fork”)yang secara logic direferensikan sebagai satu bagian.
Dengan menempatkan PostScript dalam
“fork”dan suatu sumberdaya (resource) PICT Mac Standarddalam sumberdaya
“fork”,kedua image dapat dipindahkan hamper secara bersamaan.Tanpa disadari
seakan-akan keduanya adalah satu berkas.Umumnya suatu pratayang PICT mengandung
suatu bitmap akan tetapi dapat juga berisikan suatu representasi vektor dari
keseluruhan image yang menghasilkan pratayang yang berkualitas
PNG (Portable Network Graphics)
Adalah salah satu format penyimpanan citra yang mempergunakan metode
pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut (lossless
compression).Format PNG diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan
citra GIF.Secara umum PNG dipakai untuk citra web.
Untuk web dengan format PNG mempunyai 3 keunggulan disbanding format
GIF yaitu:
1.
Channel Alpha (transparansi)
2.
Gamma (brightness)
3.
Progressive Display (penayangan
citra secara progresif)
Selain itu citra
dengan format PNG mempunyai factor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan
GIF (5%-25% lebih baik banyak dibandingkan format GIF).
Satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat
pada format PNG adalah dukungan terhadap penyimpanan multi-citra untuk
keperluan animasi.Untuk keperluan pengolahan citra meskipun format PNG bias
dijadikan alternative selama proses pengolahan citra.Karena format ini selain
tidak menghilangkan bagian dari citra yang sedang diolah (sehingga penyimpanan
berulang-ulang dari citra tidak akan menurunkan kualitas citra ) namun format
JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik.
WMF (Windows
Metafile Format)
Adalah format file grafik berbasis vektor untuk pertukaran grafik
antar aplikasi windows yang dapat juga mengandung citra bitmap.WMF juga
mempunyai kelebihan untuk menyediakan pratayang dalam bentuk vektor,tetapi
format ini jarang digunakan.
Software pengoalh gambar berbasis vector :
Corel Draw
Corel Draw
adalah editor grafik vektor
yang dibuat oleh Corel,
sebuah perusahaan yang bermarkas di Ottawa ,
Kanada. Versi
terakhirnya versi 13 yang dinamai X3 dirilis pada Januari 2006. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan
untuk dijalankan pada sistem
operasi Windows
2000 dan yang lebih baru. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah
dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
Macromedia Freehand
Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi
(penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon
untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris)
diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk
Microsoft Windows
dan Mac OS X.
Macromedia
FreeHand sangatlah mirip
dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan
dilisensikan ke Aldus,
yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems,
karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan
FreeHand ke Altsys
segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang
Federal). Altsys
kemudian dibeli oleh Macromedia,
yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada
tahun 2005 Adobe
membeli Macromedia,
yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.
Sebagai sebuah
aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem
layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.
Versi terbarunya,
FreeHand 11, dipasarkan sebagai FreeHand MXa, yang menunjukkan integrasinya
dengan garis produk Macromedia MX, yang juga meliputi Macromedia Flash, Macromedia Dreamweaver, dan Macromedia Fireworks,
serta masih banyak lagi yang lainnya.
4 komentar:
I LIKE IT :-)
Trimakasih, bermanfaat banyak
Keren B)
Kontol tidak
Posting Komentar